Solusi Laptop mati karena Panas - Laptop Over Heating

advertisement
advertisement
Saya akan memberikan Solusi Laptop mati dan Restart karena Panas atau yang sering disebut dengan "Laptop Over Heating".
Beberapa tahun lalu saya mendapatkan permasalahan seperti ini yang membuat saya semakin jengkel saat bekerja, karena di sela sela saat saya bekerja laptop saya tiba-tiba mati terkadang juga restart akibat terlalu panas. pada saat itu saya belum berfikir apa penyebab panas tersebut, saya hanya berfikir panas di sebabkan karena processor nya over heating dan laptop menjadi mati ataupun restart.

Laptop Over Heating
Laptop Over Heating
Setelah sampai beberapa bulan menggunakan laptop dengan kondisi panas kemudian saya tambahkan kipas khusus untuk laptop dan alhasil memang menjadi lebih dingin dari sebelumnya dan tidak terjadi mati mendadak ataupun restart. Beberapa bulan kemudian saya bertanya kepa teman:

me : mengapa ya laptop saya sering panas dan mati mendadak?
A : processornya panas mas, coba bongkar saja terus ganti grass silicon processornya
me : oke nanti tak coba

perbaiki laptop karena panas
Perbaiki laptop karena panas
Saat saya ada waktu luang dan tanpa ada kerjaan di laptop kemudian saya beranikan diri untuk bongkar laptop, hehe secara saya kan seorang iT jadi harus berani dong.
saya bongkar laptop saya, kemudian saya lepaskan processor dan silicon grease yang sudah saya beli dari tempat penjualan spearpart komputer pun saya oleskan pada processor dengan rata [silicon grease berbentuk seperti pasta gigi]. oleskan dengan rata dan pasang kembali processor dan rapikan kembali laptop hingga siap di gunakan kembali.

Namun usaha saya tidak berhasil, yahhh setelah bongkar lama karena sedikit rumit banyak baut yang harus di copot jadi bikin males bongkar kembali. namun tidak mengurungkan niat buat bongkar lagi laptop saya.

Solusi Perbaiki Laptop Over Heating - Laptop Panas


  • Bongkar dan buka semua baut Laptop
  • Copot processor dan tambahkan silicon grease kemudian pasang kembali
  • Lihat bagian kipas pendingin, ternyata permasalahan berada pada kipas pendingin processor yang tersumbat oleh debu, debu-debu yang sudah berkumpul hingga banyak menjadi menggumpal dan menutupi celah untuk keluar angin. Hal inilah yang menyebabkan Panas yang berlebih pada laptop saya.
  • Bersihkan debu-debu yang menempel yang berada di dalam komponen laptop anda hingga kinclong, ingat anda hanya perlu membersihkan dengan kuas yang lembut, jangan menggunakan air sabun hehe karena akan berakibat fatal.

Bersihkan Debu pada Laptop
Bersihkan Debu pada Laptop
itulah cara saya memperbaiki laptop yang tiba tiba mati karena panas, semoga cara saya ini membantu dalam permasalahan laptop anda yang sama kasus nya seperti yang saya tulis ini, good luck
advertisement

Related Post: Solusi Laptop mati karena Panas - Laptop Over Heating